Kamis, 26 Juli 2012

Stok Darah A Langka

CIKOLE - Unti Transfusi Daran Palang Merah Indonesaia (UTD-PMI) Cabang Kota Sukabumi, mengalami krisis darah untuk jenis golongan darah A. Menurut Staf UPT-PMI, Maya kondisi ini sudah terjadi sekitar satu pekan ini. "Kita memang kesulitan, masalahnya mulai jarang orang mau mendonorkan darahnya," ujarnya kepada Radar Sukabumi, kemarin.
 Meskipun demikian, untuk golongan darah lainnya Maya mengatakan stoknya masih dalam tahap aman. Sehingga, bagi mereka yang memerlukan darah diluar golongan darah A tidak perlu khawatir. "Untuk pasokan golongan darah lainnya kita tidak ada masalah. Cuma memang untuk golongan darah A stoknya tidak ada," sambungnya.
 Dirinya pun menghimbau, agar masyarakat mau mendonorkan darah untuk kepentingan bersama. Sehingga, ketika ada masyarakat yang mau membutuhkan tidak perlu susah untuk mencarinya. "Bagaimana pun, darah merupakan salah satu bagian yang sangat dibutuhkan. Apalagi, ketika terjadi pendarahan seperti dalam melahirkan," lanjut Maya.
 Menurutnya, selain mempunyai nilai ibadah, donor darah sendiri baik untuk kesehatan. Baik itu untuk kesehatan jantung, bisa memproduksi sel darah merah juga lain sebagainya. "Ketika orang beranggapan melakukan donor darah bisa mengurangi jumlah darah yang ada ditubuh, itu salah. Soalnya justru ketika orang mendonorkan darah maka sel dalam tubuh akan segera memproduksi sel darah baru. Sehingga, tidak akan terjadi kekurangan," tuturnya.
 Tidak hanya itu, secara kesehatan Maya menuturkan donor darah juga bisa menurunkan berat badan. Selain itu, juga bisa membantu mendeteksi penyakit dalam tubuh si pendonor. "Sebelum dilakukan donor darah, ada pemeriksaan terlebih dahulu. Makanya, dari situ kita bisa mendeteksi kesehatan sang pendonor," pungkas Maya.(nur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar