Kamis, 26 Juli 2012

Waspada Melintas di Jalan Suryakencana


CITAMIANG - Kondisi cuaca yang ekstrim belakangan ini diperkirakan akan membawa dampak terhadap banyaknya pohon tumbang di Kota Sukabumi. Pihak Dinas Pengelolaan Persampahan, Pertamanan dan Pemakaman (DP4) mewanti-wanti kepada masyarakat Kota Sukabumi untuk berhati-hati. Pasalnya, kondisi pohon yang berada di Kota Sukabumi tidak sepenuhnya dalam keadaan baik. Diperkirakan, ada 40 pohon yang rawan tumbang. Apalagi kalau diterpa angin cukup kencang. "40 pohon itu tersebar di seluruh Kota Sukabumi. Namun, yang lebih rawan terletak di kawasan Jalan Suryakencana Kota Sukabumi," ujar Pegawai Bagian Pemeliharaan Dinas DP4 Kota Sukabumi, Fajar.
 Kawasan ini pun menjadi kawasan yang statusnya paling rawan terjadi pohon tumbang. Ini diakibatkan, kondisi pohon yang terdapat di sepanjang Jalur Suryakencana kondisinya sudah cukup tua. Apalagi, selama Desember saja tercatat di kawasan tersebut terjadi dua kali pohon tumbang. "Kita menghimbau kepada para pejalan kaki dan pengendara mobil apalagi yang memarkir mobilnya di bawah pohon untuk berhati-hati. Masalahnya, kita tidak punya asuransi untuk mengganti mobil yang terkena pepohonan seperti di Jakarta," lanjutnya.
 Pihak DP4 menjelaskan, kondisi rawan tumbang memang tidak sepenuhnya diakibatkan oleh cuaca buruk. Namun, ada juga yang diakibatkan oleh hama pohon yang terus merusak. Makanya, mereka terus melakukan pemotongan pohon yang diperkirakan bisa membahayakan. "Kita terus memantau. Bila terdapat pohon yang terkena hama pasti langsung dipotong. Ini untuk meminimalisir merambah ke bagian pohon lainya," pungkas Fajar.
 Tidak hanya itu saja, Dinas DP4 terus melakukan penanaman pohon untuk menggantikan pohon yang sudah tua. Masalahnya, kalau pohon yang ada saat ini di tebang tanpa digantikan akan merusak keindahan Kota. Apalagi, Kota Sukabumi saat ini sedang menggalakan program Kota Hijau.(nur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar